RENCANA TINDAK PELAKSANAAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY (LS)
NamaPeserta :.............................
AsalSekolah :.............................
BERISI TENTANG:
NamaPeserta :.............................
AsalSekolah :.............................
BERISI TENTANG:
1. MATERI PENDAMPINGAN
2. BENTUK KEGIATAN
3. WAKTU PELAKSANAAN
4. KETERANGAN
1. Koordinasi dengan tim pendamping di KKG
• Rasional
• Elemen lesson study
• Tahapan LS
• Strategi Implementasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKGdi SDN 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan strategi implementasi LS.
• Pembentukan TP KKG
• Rapat pembagian tugas dalam kegiatan implementasi LS
• Memberikan ilustrasi dan motivasi untuk menumbuhkan keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan guru terhadap implentasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKG SD N 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan materi LS.
• Memberikan dorongan kepada guru untuk mulai melakukan analisis materi ajar semester 2
Analisis Materi Ajar Semester II
• Konsep pembelajaran Tematik Terpadu
• Memantauketerlaksanaankegiatananalisismateri ajar yang telahdibuat guru
• Memberikanbimbinganberkenaandengananalisismateri ajar
• Mendokumentasikanhasilanalisismateri ajar
• Memberikan materi konsep pengembangan pembelajaran tematik terpadu kepada semua guru.
Perancangan Model Belajar Semester II
. Perancangan RPP
• Perancangan Penilaian
• Memberikan materi perancangan RPP kepada semua guru
• Memberikan materi perancanaan penilaian yang berdasarkan kurikulum yang berlaku
Memfasilitasi guru berdasarkan rumpun kelas untuk menyusun RPP beradasarkan kurikulum yang berlaku
• Memfasilitasi guru dalam mendasain penilaian kelas setiap kelas
• Mendokumentasikan instrumen penilaian yang telah disusun oleh guru setiap kelas
• Memantauketerlaksanaanpenyusunan RPP danPenilaian yang dilakukan guru
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunan RPP
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunanrencanapenilaian
• Memfasilitasiketerlaksanaanpenyusunan RPP danRancanganPenilaian
23/01/2014 s.d 25/04/2014
5. Pelaksanaan open class
• Melaksanakan Lesson Study oleh guru Inti sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi guru yang akan menerapkan dalam PBM di kelas
• Observer melaksanakan tugas observasi di kelas yang digunakan oleh guru model
30 Januari 2014
Setiap hari KKG
6. Praktik kegiatan refleksi
• Langkah-langkah kegiatan refleksi
• Tata tertib peserta refleksi
• Penyiapan lembar observasi dan sarana prasarana
• Moderator menyampaikan tata urutan refleksi.
• Menyampaikan pembagian tugas masing-masing komponen refleksi.
• Memberikanstrategi penggunaanpendekatan dan model pembelajaran yang sesuai.
• Menggalipengalaman guru berkenaan denganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
• Berdiskusiberkenaandenganhasilobservasidanberkonsultasitentangcara-caramengatasihambatan yang dihadapi guru.
• Menggalipengalaman guru berkenaandenganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
30 Januari 2014
Setiap hari KKG
7. Laporan implementasi LS
• Menyusunlaporanpelaksanaan LS
• Menghimpunlaporanpelaksanaan LS dari kegiatan perencanaan, pelaksaan, refleksidanmengirimkanlaporankepadadinas terkait
31/05/2014
2. BENTUK KEGIATAN
3. WAKTU PELAKSANAAN
4. KETERANGAN
1. Koordinasi dengan tim pendamping di KKG
- Pertemuandan/ataukomunikasiawaldenganpengawassekolahpembinadanPengurus KKGberkenaandenganrencanapelaksanaanlesson study
- 16Januari 2014
- Pengawas, Ketua KKG, PengurusKKG di SDN 3 Purbalingga
- Pukul 12.30
• Rasional
• Elemen lesson study
• Tahapan LS
• Strategi Implementasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKGdi SDN 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan strategi implementasi LS.
• Pembentukan TP KKG
• Rapat pembagian tugas dalam kegiatan implementasi LS
• Memberikan ilustrasi dan motivasi untuk menumbuhkan keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan guru terhadap implentasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKG SD N 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan materi LS.
• Memberikan dorongan kepada guru untuk mulai melakukan analisis materi ajar semester 2
- 23 Januari 2014
- Dilaksanakan pada jadwal hari KKG
Analisis Materi Ajar Semester II
• Konsep pembelajaran Tematik Terpadu
• Memantauketerlaksanaankegiatananalisismateri ajar yang telahdibuat guru
• Memberikanbimbinganberkenaandengananalisismateri ajar
• Mendokumentasikanhasilanalisismateri ajar
• Memberikan materi konsep pengembangan pembelajaran tematik terpadu kepada semua guru.
- 23/01/2014 s.d 25/04/2014
Perancangan Model Belajar Semester II
. Perancangan RPP
• Perancangan Penilaian
• Memberikan materi perancangan RPP kepada semua guru
• Memberikan materi perancanaan penilaian yang berdasarkan kurikulum yang berlaku
Memfasilitasi guru berdasarkan rumpun kelas untuk menyusun RPP beradasarkan kurikulum yang berlaku
• Memfasilitasi guru dalam mendasain penilaian kelas setiap kelas
• Mendokumentasikan instrumen penilaian yang telah disusun oleh guru setiap kelas
• Memantauketerlaksanaanpenyusunan RPP danPenilaian yang dilakukan guru
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunan RPP
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunanrencanapenilaian
• Memfasilitasiketerlaksanaanpenyusunan RPP danRancanganPenilaian
23/01/2014 s.d 25/04/2014
5. Pelaksanaan open class
• Melaksanakan Lesson Study oleh guru Inti sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi guru yang akan menerapkan dalam PBM di kelas
• Observer melaksanakan tugas observasi di kelas yang digunakan oleh guru model
30 Januari 2014
Setiap hari KKG
6. Praktik kegiatan refleksi
• Langkah-langkah kegiatan refleksi
• Tata tertib peserta refleksi
• Penyiapan lembar observasi dan sarana prasarana
• Moderator menyampaikan tata urutan refleksi.
• Menyampaikan pembagian tugas masing-masing komponen refleksi.
• Memberikanstrategi penggunaanpendekatan dan model pembelajaran yang sesuai.
• Menggalipengalaman guru berkenaan denganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
• Berdiskusiberkenaandenganhasilobservasidanberkonsultasitentangcara-caramengatasihambatan yang dihadapi guru.
• Menggalipengalaman guru berkenaandenganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
30 Januari 2014
Setiap hari KKG
7. Laporan implementasi LS
• Menyusunlaporanpelaksanaan LS
• Menghimpunlaporanpelaksanaan LS dari kegiatan perencanaan, pelaksaan, refleksidanmengirimkanlaporankepadadinas terkait
31/05/2014
Yang melaporkan Ketua KKG
Purbalingga, 16 November2013
Mengetahui Pengawas yang membuat,
Purbalingga, 16 November2013
Mengetahui Pengawas yang membuat,
................................. .......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar