PPDB

PENDIDIKAN..... SDN1KARANGSENTUL......BERILMU, BERKUALITAS, BERLANDASKAN IMAN ----------:SDN1Karangsentul.com......Informasi Pengetahuan Populer,dan Edukatif

X

...

Sabtu, 16 November 2013

LESSON STUDY 4

RENCANA TINDAK PELAKSANAAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY (LS)

NamaPeserta :.............................
AsalSekolah :.............................


BERISI TENTANG:
1. MATERI PENDAMPINGAN
2. BENTUK KEGIATAN
3. WAKTU PELAKSANAAN
4. KETERANGAN

1. Koordinasi dengan tim pendamping di KKG
  • Pertemuandan/ataukomunikasiawaldenganpengawassekolahpembinadanPengurus KKGberkenaandenganrencanapelaksanaanlesson study 
  • 16Januari 2014 
  • Pengawas, Ketua KKG, PengurusKKG di SDN 3 Purbalingga 
  • Pukul 12.30 
2. Konsep lesson study
• Rasional
• Elemen lesson study
• Tahapan LS
• Strategi Implementasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKGdi SDN 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan strategi implementasi LS.
• Pembentukan TP KKG
• Rapat pembagian tugas dalam kegiatan implementasi LS
• Memberikan ilustrasi dan motivasi untuk menumbuhkan keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan guru terhadap implentasi LS
• Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru yang ada di KKG SD N 3 Purbalingga, khususnya berkenaan dengan materi LS.
• Memberikan dorongan kepada guru untuk mulai melakukan analisis materi ajar semester 2
  • 23 Januari 2014 
  • Dilaksanakan pada jadwal hari KKG 
3. Perencanaan (Plan I)
Analisis Materi Ajar Semester II
• Konsep pembelajaran Tematik Terpadu
• Memantauketerlaksanaankegiatananalisismateri ajar yang telahdibuat guru
• Memberikanbimbinganberkenaandengananalisismateri ajar
• Mendokumentasikanhasilanalisismateri ajar
• Memberikan materi konsep pengembangan pembelajaran tematik terpadu kepada semua guru.
  • 23/01/2014 s.d 25/04/2014 
4. Perencanaan (Plan II)
Perancangan Model Belajar Semester II
. Perancangan RPP
• Perancangan Penilaian
• Memberikan materi perancangan RPP kepada semua guru
• Memberikan materi perancanaan penilaian yang berdasarkan kurikulum yang berlaku
 Memfasilitasi guru berdasarkan rumpun kelas untuk menyusun RPP beradasarkan kurikulum yang berlaku
• Memfasilitasi guru dalam mendasain penilaian kelas setiap kelas
• Mendokumentasikan instrumen penilaian yang telah disusun oleh guru setiap kelas
• Memantauketerlaksanaanpenyusunan RPP danPenilaian yang dilakukan guru
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunan RPP
• Memberikanbimbinganberkenaandenganpenyusunanrencanapenilaian
• Memfasilitasiketerlaksanaanpenyusunan RPP danRancanganPenilaian
23/01/2014 s.d 25/04/2014

5. Pelaksanaan open class
• Melaksanakan Lesson Study oleh guru Inti sehingga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi guru yang akan menerapkan dalam PBM di kelas
• Observer melaksanakan tugas observasi di kelas yang digunakan oleh guru model
30 Januari 2014
Setiap hari KKG

6. Praktik kegiatan refleksi
• Langkah-langkah kegiatan refleksi
• Tata tertib peserta refleksi
• Penyiapan lembar observasi dan sarana prasarana
• Moderator menyampaikan tata urutan refleksi.
• Menyampaikan pembagian tugas masing-masing komponen refleksi.
• Memberikanstrategi penggunaanpendekatan dan model pembelajaran yang sesuai.
• Menggalipengalaman guru berkenaan denganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
• Berdiskusiberkenaandenganhasilobservasidanberkonsultasitentangcara-caramengatasihambatan yang dihadapi guru.
• Menggalipengalaman guru berkenaandenganpelaksanaanpembelajarandenganberbagaipendekatandan model pembelajaran.
30 Januari 2014
Setiap hari KKG

7. Laporan implementasi LS
• Menyusunlaporanpelaksanaan LS
• Menghimpunlaporanpelaksanaan LS dari kegiatan perencanaan, pelaksaan, refleksidanmengirimkanlaporankepadadinas terkait
31/05/2014 
Yang melaporkan Ketua KKG

                                                            Purbalingga, 16 November2013
 Mengetahui Pengawas                         yang membuat,


.................................                           .......................................

Tidak ada komentar: