PPDB

PENDIDIKAN..... SDN1KARANGSENTUL......BERILMU, BERKUALITAS, BERLANDASKAN IMAN ----------:SDN1Karangsentul.com......Informasi Pengetahuan Populer,dan Edukatif

X

...

Selasa, 04 Juni 2013

Ini Dia Tampang Selo, Mobil Listrik Sport Anyar Dahlan Iskan Kebanggaan Indonesia


Foto: Electric Car Made in Indonesia
Jakarta - Mobil sport listrik Tucuxi sudah hancur akibat tabrakan. Kini, Menteri BUMN Dahlan Iskan tengah membangun sebuah mobil sport listrik lainnya, yang dinamakan Selo.

Kini desain mobil Selo itu sudah muncul ke publik. Desain mobil itu bisa kita lihat di buku Electric Car Made in Indonesia, Karya Pandawa Putra Petir Binaan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.

Berlabur warna kuning, Selo diharapkan bisa mendekati 'kesaktian' Ki Ageng Selo dalam mitos Jawa.

Tidak banyak keterangan mengenai mobil Selo ini. Namun buku itu menulis Ki Ageng Selo dalam mitos Jawa memiliki beragam kesaktian, termasuk menangkap petir dan memanfaatkannya sesuai keinginan. Itu pula yang sepertinya ingin dilakukan mobil sport listrik Selo. Menggunakan tenaga listrik, mobil ini ingin berlari kencang.

Selo yang dikatakan Dahlan akan menggunakan gearbox --beda dengan Tucuxi yang tidak menggunakan gearbox-- dikembangkan oleh Ricky Elson, salah satu anggota 'Putra Petir', tim yang dibangun Dahlan untuk mengembangkan potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Mobil yang kemungkinan akan dilabur warna kuning ini akan diperlihatkan di KTT Apec di Bali pada Oktober 2013 secara desain memang cukup seksi. Garisnya mengalir memperlihatkan aerodinamika kendaraan.

Bentuk lampu depan yang 'mengalir' tampak padu dengan guratan garis di body samping yang kemudian mengalir ke tail lamp di buritan. Sekilas memandang saja, mobil ini sudah tampak seksi meski sepintas mirip dengan garis desain McLaren.

Belum diketahui seberapa kuat motor listrik yang diaplikasi di mobil ini. Pun begitu, kapasitas baterai listriknya juga belum diketahui sehingga kita tidak tahu seberapa kencang mobil ini, termasuk seberapa cepat akselerasinya dan tenaga yang bisa dihasilkannya.

Dahlan menugaskan Ricky Elson anggota 'Putra Petir' untuk mengembangkan mobil listrik sport bernama 'Selo'. "Nama Selo, pakai gearbox," tutur Dahlan bulan Maret lalu.

Untuk desain, Dahlan menyerahkan semuanya kepada Ricky untuk berancang mobilnya. Untuk harga, mantan bos PLN ini menuturkan, harga mobil Selo lebih murah daripada Tucuxi yang mencapai Rp 1,5 miliar

Tidak ada komentar: