PPDB

PENDIDIKAN..... SDN1KARANGSENTUL......BERILMU, BERKUALITAS, BERLANDASKAN IMAN ----------:SDN1Karangsentul.com......Informasi Pengetahuan Populer,dan Edukatif

X

...

Jumat, 08 Desember 2023

POJOK LITERASI Dongeng Anak: Berang-berang Menyelamatkan Penghuni Hutan dari Banjir

Pagi itu, para penghuni hutan beraktivitas seperti biasa. Ada yang mencari makan, ada juga yang sedang bermain. Semua tampak riang gembira.

Tapi, berbeda dengan Berang-berang. Kelihatannya, ia sibuk mengangkuti batang-batang pohon menuju sungai. Sambil berdendang riang, ia menyusun batang-batang pohon yang sudah dibawanya.

Monyet menghampiri lalu bertanya, "Apa yang kamu lakukan, Berang-berang?"

"Aku amati dari kejauhan, kamu malah menyusun batang-batang pohon ini."

Berang-berang pun menjawab, "Hai, Monyet. Aku sedang membuat bendungan. Ini kan memang tugasku."

"Siapa tahu, nanti suatu saat akan dibutuhkan."

Mendengar jawaban Berang-berang, kemudian Monyet, Rusa, dan Zebra tertawa secara bersamaan. Mereka menertawakan apa yang dilakukan Berang-berang.

Kenapa mereka tertawa, ya? Ternyata karena hutan sedang dalam keadaan baik-baik saja. Cuaca juga sangat bersahabat. Tapi tiba-tiba... Burung Elang datang membawa kabar buruk.

Ternyata, ia mengabarkan teman-temannya bahwa terjadi banjir di daerah hulu. Di sana hujan sangat deras dan airnya mengalir menuju hilir, persis di mana Monyet, Rusa, dan Zebra berkumpul.

Semua hewan dilanda kepanikan karena kabar buruk tersebut. Saat mereka panik, Berang-berang menghampiri mereka untuk menenangkan keadaan.

"Kalian tidak perlu dan takut. Lekas lah ajak teman-teman yang lain ke dataran lebih tinggi," ucap Berang-berang.

"Bendungan yang aku buat akan memberi kita waktu untuk mengungsi."

Benar saja... Tak lama kemudian, air pun datang dengan derasnya. Bendungan yang dibuat Berang-berang mampu menahan laju derasnya air. Tapi akhirnya, bendungan itu runtuh.

Hanya saja, Berang-berang dan hewan lain sudah berhasil menuju ke tempat yang lebih tinggi. Monyet dan kawan-kawannya lalu berterima kasih kepada Berang-berang karena telah menyelamatkan nyawa mereka.

Mereka pun minta maaf karena sudah mengejek bendungan yang dibuat oleh Berang-berang.



sumber : https://www.haibunda.com/parenting/20231124134506-61-321862/dongeng-anak-berang-berang-menyelamatkan-penghuni-hutan-dari-banjir

Tidak ada komentar: